Kini Harga Sawit Bisa Cek di Android

15:58:00

HABAKOTAMADANI, SUBULUSSALAM -  Pemko Subulussalam melalui Bagian Ekonomi meluncurkan penggunaan aplikasi Subulussalam Data Aplication (SADA) yang menyediakan informasi seputar barang seperti Tandan Buah Segar (TBS), harga kebutuhan pokok dan luas tanaman perkebunan.


Peluncuran aplikasi Subulussalam Data Aplication (SADA) digelar di halaman Pondopo Wali Kota Subulussalam, Senin 01-08-2016 sekitar pukul 16.00 WIB disaksikan Sekdako H. Damhuri, Wakil Ketua DPRK Fajri Munhte dan Kepala SKPK serta Camat Subulussalam.

Wali Kota Merah Sakti dalam sambutan mengatakan aplikasi SADA memudahkan masyarakat untuk mengetahui harga sawit dan bisa diakses setiap hari. Di Subulussalam terdapat beberapa unit Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PKS) sehingga petani bisa mengecek harga melalui aplikasi SADA bagi penggunaan Android.

Melalui aplikasi SADA informasi yang disajikan para tengkulak tidak bisa lagi memainkan harga sesuka mereka, kata Merah Sakti.

Kepala Bagian Ekonomi Sekdako Subulussalam, Rano Saraan mengatakan aplikasi ini menyediakan informasi tentang harga sembako, termasuk harga Tandan Buah Segar (TBS).

Di sela-sela acara Rano mengatakan yang sudah tersedia itu tentang harga sawit, sembako, luas tanaman padi dan luas tanaman palawija.

Aplikasi SADA bisa diakses siapa saja melalui Google Palay Store, kemudian ketik Subulussalam Data Aplication, sehingga muncur aplikasi SADA.

Penggunaan Android masih sangat terbatas di kalangan petani, smartphone ini banyak dipakai yang tinggal di wilayah kota, sementara para petani masih menggunakan handphone biasa.

Tahun ini baru aplikasi Android, tahun depan akan dikembangkan dengan sistem ekonomi stategi berbasis sms geteway. itu lebih mudah, masyarakat tinggal mengetik melalui sms langsung muncur daftar harga di sana, kata Rano. (portasatu)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »