DPD RI Dorong Lahirnya Perppu Hukuman Kejahatan Seksual Terhadap Anak

20:30:00
Anggota DPD RI  Asal Aceh,  bersama anak-anak di Kabupaten Aceh Barat Daya, beberapa waktu lalu 
HABAKOTAMADANI, ACEH BARAT DAYA - H. Sudirman senator yang terkenal dengan panggilan Haji Uma anggota DPD RI asal Aceh, mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang (Perppu) Nomor 1Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
“Presiden telah mengambil langkah tepat mengeluarkan Perppu tersebut. Kita berharap dengan adanya Perppu tersebut dapat menekan angka kejahatan seksual terhadap anak dan memberi efek jera bagi pelaku,” Perppu tersebut ikut mengatur hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak. Kata senator yang terkenal dengan panggilan Haji Uma, Kamis (26-05-2016).
Sanksi yang diatur berupa kebiri secara kimiawi serta pemasangan alat deteksi elektronik sehingga pergerakan pelaku bisa dideteksi setelah keluar dari penjara. Hukuman juga diperberat menjadi hukuman mati, hukuman seumur hidup, maksimal 20 tahun dan minimal 10 tahun penjara. Sudirman mengatakan, selama ini DPD RI sangat konsen dan berjuang keras mendorong pemerintah untuk menerapkan hukuman berat bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak. Penerbitan Perppu ini tidak terlepas dari dorongan DPD RI dalam menyuarakan aspirasi masyarakat yang kita serap selama ini. Ada dorongan dari seluruh elemen masyaraka tuntuk menyegerakan aksi Pemerintah terhadap kejahatan seksual anak yang sudah sangat parah, Kata senator yang terkenal dengan panggilan Haji Uma ini.
Di Aceh, kekerasan seksual terhadap anak tergolong cukup tinggi. Seperti baru-baru ini pemerkosaan siswi SMP di Banda Aceh oleh empat pelaku, pemerkosaan anak di langsa, dan berbagai kasus lainnya yang menyasar anak-anak. Korban anak-anak selama ini merupakan akibat dari hancurnya moral masyarakat kita. Seharusnya Aceh menjadi contoh bagi provinsi lain dalam perlindungan anak, apalagi Aceh dikenal dengan daerah implementasi Syariat Islam,senator yang terkenal dengan panggilan Haji Uma.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »