Dana Desa di Aceh Selatan Mulai Dicairkan

21:26:00
HABAKOTAMADANI, TAPAKTUAN - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) sejak minggu kedua Mei 2016, mulai menyalurkan Dana Desa (DD) pada 96 gampong dari 260 desa yang tersebar di 18 kecamatan.‎


Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra mengamanah dan intruksi, gampong yang telah memenuhi persyaratan dan melengkapi administrasi segera dicairkan dana desanya untuk percepatan realisasi pembangunan. Insya Allah, arahan tersebut sudah kita laksanakan, kata Kadis DPKKD Diva Samudera Putra, Jumat (27-05-2016).

Saat ini 62 desa sudah ditranfer kerekening, sedangkan 27 gampong dan tujuh desa lainnya sedang dilakukan proses  verifikasi berkas. Masih ada 164 gampong lagi yang harus dipercepat pengusulan pencairan tahap pertama tahun 2016 senilai 60 persen, baik dari desa maupun pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM). Ini harus dipacu untuk menghindari keterlambatan, tegasnya.

Kepala BPM Aceh Selatan, Emmifizal mengungkapkan, pihaknya sudah mengajukan pencairan dana tersebut kepada DPKKP, namun hanya desa yang sudah memenuhi persyaratan yang dicairkan.

Anggaran Aceh Selatan tahun 2016 seluruhnya sebesar Rp 223.578.526.800. Pencairan pertama senilai 60% berjumlah Rp 134 milyar. Kita berharap perangkat gampong dibantu camat masing-masing kecamatan mempercepat proses pencairan agar tidak terkendala realisasi progarm.  Dari 164 gampong yang tersisa, sebagian sudah memasukan berkas ke BPM, Kata Emmifizal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »