BMKG: Cuaca Buruk di Sabang Hingga Empat Hari ke Depan

16:46:00
Ilustrasi
HABAKOTAMADANI,SABANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Klimatologi (BMKG) memprediksikan angin kencang disertai hujan deras yang terjadi sejak Senin (23/5) pekan lalu akan terus melanda wilayah Kota Sabang hingga empat hari ke depan.


Kepala BMKG Sabang, Siswanto, mengatakan cuaca buruk yang melanda wilayah Sabang sejak beberapa hari terakhir ini diprediksikan akan terus berlangsung hingga Selasa (31/5) depan.
Karena itu, kepada para pengguna jasa pelayaran dihimbau agar sangat berhati-hati ketika berlayar. Kepada para nelayan untuk sementara waktu agar tidak melaut hingga tinggi gelombang berada ambang yang tidak berbahaya. Sesuai menurut perkiraan cuaca, bahwa ketinggian gelombang laut mencapai 2,5-3.0 meter dengan kecepatan angin mencapai 50 km/jam.
Dikatakan, angin kencang dan hujan deras yang melanda wilayah Kota Sabang dan sekitarnya itu, disebabkan karena adanya pola tekanan rendah di sebelah barat perairan Filipina sehingga memicu pergerakan angin yang sangat kuat dari Samudera Hindia bagian Pulau Sumatera.
Faktor lain yang memicu fenomena cuaca buruk tersebut, karena posisi Made Julian Osilation (MJO) yang sedang berada di wilayah barat Indonesia. “Akibat adanya posisi MJO tersebut menyebabkan banyak massa udara yang masuk ke wilayah Indonesia, sehingga proses pembentukan awan cukup tinggi,”katanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »